OJT UT School

UT School merupakan sebuah Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Alat Berat di bawah naungan Yayasan Karya Bakti United Tractors (YKBUT) yang senantiasa berkomitmen untuk terus mengembangkan dan meningkatkan kompetensi peserta didiknya agar sesuai dengan kebutuhan di dunia industri alat berat.

Salah satu program pengembangan dan peningkatan kompetensi peserta didik, khususnya untuk siswa program studi Operator Alat Berat yang saat ini sedang dilakukan oleh UT School adalah melalui program On The Job Training (OJT). Program OJT untuk siswa program studi Operator ini dilaksanakan dengan durasi selama 8 bulan dengan target masing-masing siswa memperoleh minimal 200 jam pengoperasian di atas alat berat untuk setiap model alat. Selama delapan bulan tersebut, siswa akan melalui beberapa tahapan-tahapan hingga mereka dapat mengoperasikan alat secara mandiri dengan target produksi maksimal sebesar 60%.

Pada tanggal 1 Agustus 2016, UT School telah memberangkatkan sebanyak 16 siswa dari lokasi pendidikan siswa program studi Operator Alat Berat di UT School Semarang ke lokasi OJT yang berada di area kerja PT United Tractors Semen Gresik (UTSG) yang ada di Tuban, Jawa Timur. Siswa-siswa tersebut merupakan siswa program studi Operator Alat Berat Angkatan yang ke-9. Direncanakan siswa-siswa tersebut akan menjalankan program OJT ini hingga akhir bulan Maret 2017 nanti.

Selama berada di lokasi OJT, siswa-siswa tersebut akan didampingi oleh 2 orang instruktur. Instruktur tersebut akan bertugas secara terus-menerus selama 24 jam untuk membimbing dan memantau siswa, baik diri sisi pengetahuan, keterampilan, maupun sikap dan perilakunya selama berada di lokasi OJT.

Selain pencapaian target kompetensi, diharapakan melalui program OJT ini, siswa semakin terbiasa dengan lingkungan dan proses kerja yang akan mereka hadapi nantinya setelah berada di dunia industri, sehingga akan mempercepat proses adaptasi mereka ketika sudah terjun ke dunia kerja.